Total Tayangan Halaman

Rabu, 14 Desember 2011

Makna Lambang Gerakan Pramuka


  • Lambang Gerakan Pramuka adalah siluet Tunas Kelapa
  • Pencipta lambing Gerakan Pramuka adalah Kak Sunaryo Atmodipuro (Andalan Nasional, pernah aktif di Departemen Pertanian).
  • Lambang Gerakan Pramuka ditetapkan berdasarkan Surat keputusan Kwarnas Nomor 06/KN/72, tanggal 31 Januari 1972.
  • Pengetahuan tentang lambang Gerakan Pramuka merupakan syarat ke-4 syarat kecakapan umum (SKU) tingkat Penggalang Ramu.



  • Makna kiasan :
      Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal;
yang maksudnya adalah penduduk asli yang pertama yang menurunkan generasi baru.
Kiasan ini mempunyai makna bahwa setiap pramuka merupakan inti dari kelangsungan hidup bangsa.

  1. Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun;
Maksudnya, setiap pramuka kuat dan sehat jasmani serta rohaninya.

  1. Nyiur dapat tumbuh di mana saja;
maksudnya, bukti setiap pramuka dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungan (masyarakatr) di mana pun berada dan dalam keadaan yang bagaimana pun.

3.     Pohon nyiur tumbuh lurus ke atas;
kiasan bahwa setiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi, lurus, dan benar. Tidak mudah terombang-ambing atau terpengaruh.

4.     Akar pohon nyiur tumbuh kuat dan erat dalam tanah;
Artinya, setiap pramuka mempunyai tekad dan keyakinan yang kuat berdasarkan keyakinan yang baik dalam mencapai tujuan.

5.     Nyiur adalah pohon yang serbaguna, dari akar samapai ujung atas pohonnya;
Mengiaskan bahwa setiap pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan diri untuk tanh airnya (Negara). Pohon nyiur memiliki multiguna:
a.    akarnya dapat untuk obat;
b.    batangnya untuk tiang rumah, jembatan, dan kayu bakar;
c.    buahnya dapat dimakan, atau dapat dipolah untuk minyak;
d.    air buhanya dapat diminum;
e.    daun muda (janur) untuk hiasan;
f.     daun pohon kelapa dapat untuk atap rumah;
g.    tulang daunnya untuk sapu lidi;
h.   tempurung (bathok: Jawa) untuk alat rumah tangga/kerajinan;
i.     kulit buahnya untuk membuat keset, tali, dsb.

sumber:  http://tunas63.wordpress.com





Mengapa Tunas Kelapa ya... ?
karena ... (http://www.pramukanet.org/index.php?option=com_content&task=view&id=421&Itemid=78)





      Kelapa, Pohon Serba Guna   

Pohon kelapa yang disebut juga dengan pohon nyiur biasanya tumbuh pada daerah atau kawasan tepi pantai. Sangat banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pohon kelapa. Mulai dari batang, daun dan buahnya, semua dapat dimanfaatkan. Mungkin karena manfaatnya sangat banyak, pohon kelapa dijadikan logo "Praja Muda Karana" (Pramuka) di Indonesia. Dalam klasifikasi tumbuhan, pohon kelapa termasuk dalam genus : cocos dan species : nucifera. Nah, sekarang mari kita bahas satu persatu bagian dan manfaat dari pohon kelapa.


Bagian-bagian Kelapa

Buah kelapa

Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging (testa), daging buah, air kelapa dan lembaga.

Kulit luar

Kulit luar merupakan lapisan tipis (0,14 mm) yang mempunyai permukaan licin dengan warna bervariasi dari hijau, kuning sampai jingga, tergantung kepada kematangan buah. Jika tidak ada goresan dan robek, kulit luar kedap air.

Sabut kelapa.

Sabut kelapa merupakan bagian yang cukup besar dari buah kelapa, yaitu 35 % dari berat keseluruhan buah. Sabut kelapa terdiri dari serat dan gabus yang menghubungkan satu serat dengan serat lainnya. Serat adalah bagian yang berharga dari sabut. Setiap butir kelapa mengandung serat 525 gram (75 % dari sabut), dan gabus 175 gram (25 % dari sabut).

Tempurung

Tempurung merupakan lapisan keras yang terdiri dari lignin, selulosa, metoksil dan berbagai mineral. Kandungan bahan-bahan tersebut beragam sesuai dengan jenis kelapanya. Struktur yang keras disebabkan oleh silikat (SiO2) yang cukup tinggi kadarnya pada tempurung. Berat tempurung sekitar 15~19 % dari berat keseluruhan buah kelapa.

Kulit daging buah.

Kulit daging buah adalah lapisan tipis coklat pada bagian terluar daging buah.

Daging buah.

Daging buah merupakan lapisan tebal (8~15 mm) berwarna putih. Bagian ini mengandung berbagai zat gizi. Kandungan zat gizi tersebut beragam sesuai dengan tingkat kematangan buah. Daging buah tua merupakan bahan sumber minyak nabati (kandungan minyak 35 %). Pada tabel 2 dapat dilihat komposisi zat gizi daging buah kelapa.

Air kelapa.

Air kelapa mengandung sedikit karbohidrat, protein, lemak dan beberapa mineral. Kandungan zat gizi ini tergantung kepada umur buah. Air kelapa dapat digunakan sebagai media pertumbuhan mikroba, misalnya Acetobacter xylinum untuk produksi nata de coco.

Akar kelapa
Akar kelapa dapat bermanfaat untuk menyerap air agar tidak terjadi banjir (hehehe ini kalu kelapanya masih hidup). dan ternyata Akar kelapa bisa juga dijadikan zat pewarna pada perabotan rumah tangga.

Manfaat Pohon Kelapa

Ada beberapa komoditi yang dapat diperoleh dari pohon kelapa, yaitu batang, daun, nira dan bagian-bagian.

Batang

Batang kelapa tua dapat dijadikan bahan bangunan, mebel, jembatan darurat, kerangka perahu dan kayu bakar. Batang yang benar-benar tua dan kering sangat tahan terhadap sengatan rayap. Kayu dari pohon kelapa yang dijadikan mebel dapat diserut sampai permukaannya licin dengan tekstur yang menarik

Daun

Daun kelapa sering digunakan untuk hiasan atau janur, sarang ketupat dan juga atap rumah. Tulang daun atau lidi dijadikan barang anyaman, sapu lidi dan tusuk daging (sate).

Nira

Nira adalah cairan yang diperoleh dari tumbuhan yang mengandung gula pada konsentrasi 7,5 sampai 20,0 %. Nira kelapa diperoleh dengan memotong bunga betina yang belum matang, dari ujung bekas potongan akan menetes cairan nira yang mengandung gula. Nira dapat dipanaskan untuk menguapkan airnya sehingga konsentrasi gula meningkat dankental. Bila didinginkan, cairan ini akan mengeras yang disebut gula kelapa. Nira juga dapat dikemas sebagai minuman ringan.

Buah

Banyak dari bagian buah merupakan bahan yang bermanfaat. Sabut kelapa yang telah dibuang gabusnya merupakan serat alami yang berharga mahal untuk pelapis jok dan kursi, serta untuk pembuatan tali

Tempurung kelapa

Tempurung kelapa dapat dibakar langsung sebagai kayu bakar, atau diolah menjadi arang. Arang batok kelapa dapat digunakan sebagai kayu bakar biasa atau diolah menjadi arang aktif yang diperlukan oleh berbagai industri pengolahan.

Daging kelapa

Daging kelapa merupakan bagian yang paling penting dari komoditi asal pohon kelapa. Daging kelapa yang cukup tua, diolah menjadi kelapa parut, santan, kopra, dan minyak goreng. Sedang daging kelapa muda dapat dijadikan campuran minuman cocktail dan dijadikan selai.

Air kelapa

Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kecap dan sebagai media pada fermentasi nata de coco.

Sumber : Iptek: dan dari berbagai sumber


"Ketupat" salah satu produk terbuat dari daun kelapa/janur 

14 komentar:

  1. New Ade Obby di fb Kwartir Nasional15 Desember 2011 06.09

    Lambang Pandu Sedunia adalah ujung panah yang menunjukkanutara pada peta atau kompas. itu adalah Lambang Pandu Sedunia karena menunjukkan arah yang benar serta ke atas. Hal itu menunjukkan jalan untuk melakukan kewajibamu serta menolong orang lain. Ketiga ujung tersebut mengingatkan kamu kepada ketiga satya dari janji pramuka.
    Ujung panah ini adalah lencana Pandu dari hampir semua Organisasi Pandu Nasional (National Scout Organization) di dunia. Untuk membedakan bangsa yang satu dengan bangsa yang lain, maka lambang dari negara tersebut sering dipakai di depan Lambang Pandu Sedunia; misalnya: Di Amerika Serikat, pada lambang Boy Scouts of America terdapat rajawali dan perisai nasional berada di depan lambang World Organization of the Scout Movement. Begitu juga di negara-negara lain.
    Di ujung panah terdapat pita, dengan motto Pandu Sedunia "SEDIA". Pita tersebut ujungnya melengkung ke atas seperti mulut pramuka yang sedang tersenyum, karena pramuka melaksanakan kewajiban dengan senyuman serta dengan hati yang ikhlas.
    Di bawah pita ini ada seutas tali dengan simpul. Simpul tersebut akan mengingatkan bahwa kamu akan selalu berbuat kebaikan setiap hari kepada sesama makhluk.
    Lambang Pandu Sedunia dipakai antara lain untuk lencana (badge) dan bendera organisasi Gerakan Pandu Sedunia (WOSM).

    BalasHapus
  2. http://gamepramuka.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Muhammad Pizaro Novelan16 Januari 2012 00.34

    http://islamicunderstanding.wordpress.com/2011/11/30/apakah-gerakan-pramuka-bagian-dari-rencana-zionis/#more-1247

    BalasHapus
  4. http://natakaria.blogspot.com/2011/12/seragam-harian-pramuka-penggalang.html
    http://natakaria.blogspot.com/2011/12/tanda-jabatan-pemimpin-bagi-peserta.html
    http://natakaria.blogspot.com/2011/12/bapak-pramuka.html
    http://natakaria.blogspot.com/2011/11/sejarah-kepanduan-dan-kepramukaan.html
    http://natakaria.blogspot.com/2011/10/petunjuk-penyelenggaraan-dewan-kerja.html
    http://natakaria.blogspot.com/2011/10/satya-pramuka-dan-darma-pramuka.html
    http://natakaria.blogspot.com/2011/10/pengetahuan-umum-pramuka.html
    http://natakaria.blogspot.com/2011/10/penguruskwarran-gerakan-pramuka.html
    http://natakaria.blogspot.com/2011/11/keputusan-kwartir-nasional-gerakan.html
    http://natakaria.blogspot.com/2011/11/keputusan-presiden-ri-nomor-24-tahun.html

    BalasHapus
  5. http://fauziep.blogdetik.com/2012/01/22/mengapa-pendidikan-kepramukaan-golongan-penegak-sepi-peminat/

    BalasHapus
  6. http://pramukapusdiklat.blogspot.com/2012/02/presiden-sby-semat-lencana-tunas.html

    BalasHapus
  7. Pandu Sedjati: "Sebenarnya secara sepintas, kita sdh bisa memasukkan (mengaplikasikan) satu hal ke hal yg lain, kalo sdh dipahami secara umum warna hijau utk siaga, merah galang, kuning tegak, dan Coklat Dega, mestinya secara umum pula tali kur yg dipake bisa menyesuaikan, jgn kemudian kalo tdk ada PP/SK yg mengatur lalu sebuah kebebasan dianggap baik dan benar"

    BalasHapus
  8. Ayu Ca'eummm11 Februari 2012 18.24

    http://natakaria.blogspot.com/2012/02/panduan-melakukan-kegiatan-di-alam.html

    BalasHapus
  9. http://natakaria.blogspot.com/2012/02/teknik-peta-kompas.html

    BalasHapus
  10. http://natakaria.blogspot.com/2012/02/pp-214-tahun-2007-tentang-dewan-kerja.html

    BalasHapus
  11. Bronze Wolf Award12 April 2012 01.27

    http://natakaria.blogspot.com/2012/04/bronze-wolf-award-penghargaan-tertinggi.html

    BalasHapus
  12. http://www.scribd.com/doc/35751181/Program-Kerja-Gerakan-Pramuka

    BalasHapus
  13. http://www.pramukanet.org/index.php?option=com_content&task=view&id=530&Itemid=51

    BalasHapus
  14. http://www.youtube.com/watch?v=JOQOi-7KxRw&feature=share

    BalasHapus