Total Tayangan Halaman

Sabtu, 03 Desember 2011

Pengadilan Jerman Perintahkan Sekolah Sediakan Mushala untuk Siswa Muslim

Republika – Rab, 30 Nov 2011
REPUBLIKA.CO.ID, Pengadilan federal administrasi Jerman, pada Rabu (30/11), mengeluarkan keputusan yang menggembirakan untuk Muslim di negara tersebut. Bagaimana tidak, pengadilan tersebut mengeluarkan keputusan yang memerintahkan setiap sekolah di Jerman agar menyediakan semacam Mushala untuk Muslim shalat.

Keluarnya keputusan tersebut bermula dari kisah M. Yunus. Siswa yang berumur 14 tahun ini dilarang shalat Dzuhur di koridor sekolahnya di Berlin. Meskipun kasus tempat ibadah bagi kaum Muslim di sekolah telah berlangsung selama satu dekade. Namun, keputusan tersebut menandai kali pertama pengadilan menangani kasus tersebut.

"Saya pikir kasus tersebut telah mempengaruhi kedua belah pihak. Sekarang, kita sudah hampir mencapai tahap final dan hukum itulah mengapa sekarang berubah menjadi perdebatan politik," kata Aiman ​​Mazyek, dari Jerman Dewan Pusat Muslim.

"Di masa lalu, sekolah lebih pragmatis dan relatif lebih santai tentang masalah ini, tapi sekarang terdorong kembali." sambungnya lagi.

Ahli tentang Islam lainnya Sabine Damir-Geilsdorf dari Universitas Bonn, mengatakan hal yang sama terkait keputusan pengadilan. Ia mengatakan, sekolah biasanya memiliki pendekatan yang fleksibel terkait tempat ibadah bagi siswa Muslim.

"Mayoritas ahli hukum Muslim sepakat itu mungkin untuk memperpendek atau menggabungkan ibadah karena sakit, perjalanan, atau persyaratan di tempat kerja," tuturnya.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com/pengadilan-jerman-perintahkan-sekolah-sediakan-mushala-untuk-siswa-100102109.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar