Total Tayangan Halaman

Rabu, 16 November 2011

IMTIHAN 2011

.......................................... IMTIHAN DTA AL-MUWAHHIDIN 2011 *** Kecamatan Kasokandel Kabupaten Majalengka Jawa Barat (kode pos 45453)...........................................................................................................................................................................................................................................................
Perhelatan akhir tahun kembali tergelar Wiyata Graha DTA Al-Muwahhidin dengan digelarnya Pentas Kreasi Seni Syukuran Kenaikan Kelas dan Paturay Tineung Santri DTA Al-Muwahhidin pada tanggal 19 Juni 2011. Pentas tersebut tidak hanya diikuti kreasi seni Santri DTA serta para Santri TPQ/TPA (Taman Pendidikan Al-Quran) dan RA Al-Muwahhidin juga unjuk kabisa pada IMTIHAN ke-3 DTA Al-Muwahhidin ini.
DTA (Diniyah Takmiliyah Awaliyah) merupakan salah satu lembaga Pendidikan di bawah Yayasan Al-Muwahhidin; TPQ/TPA, RA, DTA, Majelis Ta’lim, Kober, TK, dan ASMA (Adil Sempoa Mandiri).

Anak-anak santri begitu riang gembira menyambut acara kenaikan kelas  mereka dihibur  dengan pawai santri RA yang mengenakan pakaian toga ala wisudawan di sebuah perguruan Tinggi dengan menggunakan kendaraan taksi motor gandeng-dua Bang Udin Goblag dan di ikuti dua beca berkeliling Perum Gunungsari Indah.

Berbagai kreasi seni ditampilkan  sebagai pembuka acara tiga santri putri menyambut tamu dalam tiga bahasa; bahasa Sunda oleh Vini Nurul Hikmah Oktaviani, bahasa Inggris oleh Shilvia Veronica Chenora dan bahasa Arab oleh Alliena Az-Zahra, acara terbagi dalam tiga season yaitu; pertama hadirin dihibur oleh kelincahan santri-santri TPA-A Putri menyanyikan lagu Syukur Kepada Allah dan Berdoa untuk kedua orang tua, berlanjut lantunan lagu masih penampilan TPA-A Putra yaitu Allah Maha Esa dan Doa Dunia Akhirat, tak kalah menarik santri RA yang sangat lucu mempersembahkan doa dan tarian;  ada yang lincah, salah gerakan, ada pula yang terlihat masih malu-malu, antri RA membacakan hafalan surat-surat pendek dan doa harian Alhamdulillah anak-anak demikian fasih, rasa bangga dan haru bagi para orang tua karena putra-putrinya bisa tampil, masih dalam season hiburan sebuah tarian kembali ditampilkan oleh santri TPA-B Putri  berjudul Lir Ilir disambung kelucuan  santri RA tari Ucing Sumput dan Tari Mangkuk, TPA-B putra menyampaikan hafalan surat Al-Fatihah sampai Anashr, season ini ditutup dengan tari kipas dari TPA A putri.
Acara inti menjadi bagian dari season ke-2 seremonial dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran beserta sari tilawah oleh santri kelas 4 lantunan gema Wahyu Illahi dibaca santri putra dan secara puitis terjemahan terangakai indah oleh santri putri, tahun ini DTA Al-Muwahhidin berhasil meluluskan 15 santri.

Anda Sukanda, S.Pd.
Pada acara sambutan-sambutan  diawali oleh  Kepala DTA Al-Muwahhidin Anda Sukanda, S.Pd;  mengajak para hadirin khususnya orang tua santri agar terus bersinergi membangun generasi Tauhid yang menjadi modal dalam menjawab tantangan zaman, tentunya beliau juga menghimbau kepada para tamu undangan baik dari unsur Pengurus Yayasan, Unsur Pemerintah, Donatur  agar peduli terhadap keberadaan TPQ/TPA, RA, TK, kober, dan DTA sebagai wadah pendidikan yang ada di Perumahan, Acara ini merupakan IMTIHAN Ke-3 bagi DTA Al-Muwahhidin khususnya; sejak berdiri pada tanggal 15 Mei 2006; pada usia menginjak 5 tahun telah meluluskan 3 angkatan mulai tahun pembelajaran 2008/2009, 2009/2010, 2010/2011. Meski bangunan DTA baru rampung dalam kondisi sekitar 70% lebih, tapi sudah 2 tahun pembelajaran digunakan KBM (kegiatan belajar mengajar) Pada kesempatan tersebut juga Anda Sukanda mengharapkaan kepedulian dari semua pihak pada peningkatan SDM dan pengadaan sarana prasarananya yang memadai, termasuk 2 gedung DTA ini yang masih butuh bantuan. Segala bentuk sumbangan dari Para Donatur sepeserpun Insya Allah akan dimanfaatkan penyempurnaan sarana dan peningkatan kegiatan belajar, dapat dikirimkan langsung atau melalui rekening di Bank BRI Unit Jatiwangi dengan nomor: 4318-01-007565-53-3 atas nama: DTA Al-Muwahhidin.
DTA Al-Muwahhidin pada event PORSADIN (Pekan Olah Raga Santri Antar Diniyah)  dalam rangka menyambut tahun 1432 H yang lalu dapat menduduki urutan ke-3 dari 26 DTA se- Kecamatan Kasokandel.
Anda Sukanda saat akan mengakhiri sambutannya memperkenalkan para guru/ustadz/ustadzah yang telah bahu membahu memberikan pelayanan pendidikan dan proses kegiatan pembelajaran yang membawa visi Ibadah adalah segala-galanya pada para tamu undangan.    

Agar tidak bosan acara sambutan ini  diselingi acara hiburan, kembali tampil santri TPA-B Putri dalam Tarian Lebaran dan penampilan solo syair 25 Nama Nabi oleh ananda Nurmutammimah Maesaroh.
Sambutan  berikutnya disampaikan  unsur pemerintahan oleh Puryanto, S.Pd  dengan bersemangat mengingatkan kepada hadirin kronologi pembangunan gedung yang memang belum tuntas dua lokal tanpa sekat masih belum berlantaikan keramik semua, atap yang belum terhampar, menggugah hati para donatur agar jangan bosan berpartisipasi mensukseskan gedung yang belum sempurna ini.
Suguhan penampilan santri kelas 2 menyampaikan Asmaus Surah sejumlah 50 surah dalam rangkaian lagu. 
                  
Eman S., S.Pd.I dan Eman S., M.Pd.  
Akhirnya sambutan terakhir sebagai tausiah pada kegiatan ini disampaikan oleh  Pengawas Pendais Kementerian Agama Kabupaten Majalengka Bapak Eman Suatman, S.PdI  beliau berpesan agar setiap diri harus ikhlas dalam beribadah beraktivitas disetiap gerak langkah kehidupan juga menjelaskan  apa makna RA, TPA dan DTA.

Kembali acara ini dilengkapi dengan penampilan santri RA, santri kelas 1 dan 3 menampilkan tarian Wahdanah dan 25 Rosul dan diakhiri lagu Mars RA oleh santri mungil yang mengenakan pakaian toga.
Sebagai acara yang membuat para santri deg-degan adalah pembagian hadiah peringkat kelas meramaikan season ke-3. Diawali peringkat Kelas ke-1,2 dan 3; TPA/TPQ A: Rd. Fariz, Nurlaili, dan Firza, /TPQ B: Sylvia, Nurmutammimah M, dan Rifa Fazriani T, ditingkat  DTA kelas 1: Dinda G, Rizka dan Andre, kelas 2: Putri RD, M.Irfan, Ari Fazri Maulida. Kelas 3: Aliena Azzahra, Ifah dan Finy , Kelas 4: Lia Yasmin R, Anissa dan Aldy.

Kegembiraan meraih hadiah ini kembali dipersembahkan hiburan para santri, beberapa nyanyian dari TPA B Putri, tarian dari kelas 1,2 dan 3.
Menutup seluruh rangkaian acara ditampilkan santri kelas 4 untuk menyampaikan ucapan terimakasih dalam orasi bahasa arab oleh Lia Yasmin Rahmania. 
DTA; Belum beratap
Salah satu kreasi seni Santri DTA
Sebuah kesuksesan yang telah diraih oleh Lembaga Pendidikan Yayasan Al-Muwahhidin, dengan mengharap Pertolongan Allah SWT dan tawakal Ilallah semoga dimasa yang akan datang dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat agar tercapai cita-cita: terbentuknya generasi Tauhid, genarasi Qurani dengan balutan Ahlakul Karimah. Amin yaa robbal’alamin.***
Tampak belakang; DTA Al-Muwahhidin
  


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar